About

Friday 4 November 2011

Ayo Berpuasa Arafah !!!

 Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni pada saat jamaah haji sedang melaksanakan wukuf di tanah Arafah tanggal 9 Dzulhijah. Wukuf di Arafah bisa dikatakan sebagai inti dari pelaksanaan ibadah haji. Karena itu puasa Arafah ini sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji. Adapun teknis pelaksanaannya mirip dengan puasa-puasa lainnya.

Dari Abu Qotadah al-Anshory Radliyallaahu ‘anhu bahwa RasulullahShallallaahu ‘alaihi wa Sallam pernah ditanya mengenai puasa hari Arafah, lalu beliau menjawab:

“Ia menghapus dosa-dosa tahun lalu dan yang akan datang.” Beliau juga ditanya tentang puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab: “Ia menghapus dosa-dosa tahun yang lalu.” Dan ketika ditanya tentang puasa hari Senin, beliau menjawab: “Ia adalah hari kelahiranku, hari aku diutus, dan hari diturunkan al-Qur’an padaku.” (HR. Muslim)

Tentu saja puasa yang di maksudkan adalah ibadah puasa dalam arti yang sebenarnya, yakni mampu menahan nafsu (amarah, syahwat dan maksiat) tidak sekedar menahan lapar dan dahaga semata. Jika telah mengetahui begitu besar fadlilahnya, lalu mengapa kita masih enggan untuk melakukannya? Ayo kita berpuasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

0 comments:

Post a Comment